Menu Bar

Kamis, 14 Juli 2011

Tahap 2 : Beasiswa Penerbang Batavia Air

Alhamdulillah, saya bangga dan senang dapat panggilan berikutnya untuk mengikuti test tahap 2 seleksi beasiswa penerbang Batavia Air. Test yang saya lakukan berada di Universitas Katolik Indonesia Atmajaya Jakarta. Saya belum mengetahui lokasi kampus tersebut. Oleh karena itu, saya mencoba bertanya kepada petugas yang ada di kampus Atmajaya. Akhirnya, saya menemukan tempat yang akan saya kunjungi, yaitu lobby Yustius. Di sana para kandidat berkumpul sementara sebelum test. Saya bingung dan sendirian di sana. Tetapi akhirnya saya berkenalan dengan seorang teman yang berasal dari Yogyakarta.

Asik sedang mengobrol, tak disangka teman saya dari SMA mengikuti test juga. Saya sangat senang sekali ada teman dari Bogor juga. Akhirnya saya memperkenalkan teman baru saya kepada teman SMA saya.

Setelah jam 12.45, para kandidat berkumpul untuk melakukan registrasi ulang. Kami dikumpulkan berdasarkan nomor urut peserta yang telah diberikan oleh pihak Batavia. Setelah registrasi ulang, kami pun disuruh untuk memasuki ruangan yang dapat menampung banyak orang.

Jam 13.00, acara pun dimulai dengan dibuka oleh seorang panitia enlighten dan Batavia. Pada awal acara, kami semua mendengarkan persentasi mengenai tahapan seleksi Batavia yang berjumlah 8 tahap. Setelah selesai menjelaskan tahapan seleksi, seorang perwakilan dari pihak PT. Metro Batavia mempresentasikan mengenai perusahaannya, pendidikannya dari PPL hingga menjadi captain, mengenai kontrak kerja yang begitu banyak syarat (kalau tidak salah ada 24 syarat), dan sebagainya.

Setelah semua persentasi selesai, maka acara test pun dimulai dari jam 14.00 hingga 17.00 tanpa henti. Test yang diberikan ada 4 panel (4 macam). Panel 1 merupakan test logika penalaran, panel 2 merupakan test matematika dasar, panel 3 merupakan test bahasa inggris beserta listening dengan melihat video, dan panel 4 merupakan test semacam pengetahuan umum. Pada panel 4 merupakan test yang paling berat. Kita dipakasa untuk berpikir, berimajinasi, dan lain-lain. Pada panel 4 juga terdapat bermacam-macam pengetahuan dasar Fisika, dasar penerbangan, mengenai bahasa Indonesia, dan lain-lain. Pada bagian istilah dasar penerbangan saya tidak terlalu mengerti. Banyak soal-soal yang ada di panel 4 yang belum saya pahami.

Setelah selesai test, para kandidat disuruh untuk melakukan test panjang kaki dan tinggi badan. Alhamdulillah, pada test pengukuran saya lolos karena saya melihat hasil penilaiannya secara langsung. Saya tinggal berharap pada nilai psikotest. Pengumuman selanjutnya akan ditampilkan pada tanggal 16 Juli. Semoga semua harapan dan usaha maksimal yang saya kerjakan bisa mendapatkan hasil yang baik. amin..

Tips untuk menghadapi test tahap 2 : kerjakan dengan tenang dan percaya diri sama jawaban sendiri, istirahat yang cukup karena dibutuhkan konsentrasi yang tinggi supaya otak tidak terlalu cepat lelah, fokus terhadap soal dan jangan memikirkan yang lain, pelajari hal yang dasar terutama matematika, pelajari juga istilah penerbangan dan dasar penerbangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar