Menu Bar

Kamis, 01 Desember 2011

Lamaran Pramugara Lion Air

Pertama kali saya mendapatkan informasi dari teman bahwa ada lowongan beasiswa Pramugara yang isinya seperti ini :

Lion Air membuka kesempatan menjadi PRAMUGARA. Syarat-syaratnya :

- Usia min 18 tahun max 24 tahun

- Tinggi min 170 cm dengan berat badan proposional
- Bisa berbahasa inggris
- Good looking

WALK INTERVIEW tanggal 16, 23, 30 November 2011 jam 08.00 WIB.

- Membawa CV
- Surat lamaran
- Foto terbaru seluruh badan ukuran 3R
- Berkas-berkas dokumen lainnya

Dresscode :
Kemeja lengan panjang celana bahan dan sepatu pantofel

Alamat:
Gedung Lion Air Tower Jl. Gajah Mada No. 7, Jakarta Pusat.
Telepon : 021-632 6038/021-707 12601

Tahapan seleksi Pramugara meliputi :
  1. Tes Tinggi dan Berat Badan
    Tes yang mengukur tinggi badan dan berat badan. Tinggi yang di sarankan minimal 170 cm.
  2. Tes Performance
    Tes yang meliputi introduce dan attitude dengan memperkenalkan diri menggunakan bahasa Inggris dan juga melihat sikap.
  3. Tes Interview
    Tes yang akan dilakukan dengan cara introduce dan latar belakang keluarga, tentang perusahaan (sejarah perusahaan), visi dan misi untuk perusahaan, tentang pramugara, 3 pembagian waktu (WIB, WITA, WIT), nama bandara Internasional dan Domestik minimal 5, 3 kelebihan diri, pengetahuan penerbangan.
  4. Psikotest
  5. Medical Exam

Karena info yang saya dapatkan tanggal 15 November, jadi saya mencoba untuk mengikuti seleksi tanggal 23 November.

Pertama kali saya mengikuti seleksi pramugara dan bingung apa yang harus saya persiapkan. Saya mencoba untuk berkenalan dengan yang lainnya agar saya dapat teman untuk mengobrol. Akhirnya, saya bisa bertemu dengan teman-teman baru yang mempunyai pengalaman kerja yang hebat. Ada yang dari pelayaran internasional, pramugara Batavia, dan ground handling di Garuda Indonesia. Begitu terkesan karena mendengar cerita pengalaman kerjanya masing-masing.

Pertama kali kita datang adalah absen terlebih dahulu yang berada di basement gedung Lion Tower. Ternyata, yang melamar ada ratusan orang. Setelah absen, kita menunggu untuk dipanggil dan melakukan tes tahap pertama, yaitu tes tinggi badan dan berat badan. Alhamdulillah, saya bisa lolos dari tes tersebut. Karena pada tahap ini dibutuhkan tinggi badan minimal 170 cm.

Setelah tahap pertama lulus, kami semua yang lulus tahap pertama disuruh untuk naik ke lantai 11 untuk melakukan tes tahap selanjutnya. Tes selanjutnya, yaitu tes performance. Dimana tes ini merupakan tes yang mengukur kemampuan bahasa inggris dan sikap. Kita disuruh untuk memperkenalkan diri dengan menggunakan bahasa inggris. Kemudian tes sikap dengan cara mengikuti arahan dari panitia rekrutmen. Setelah itu, tes performance selesai dan menunggu hasilnya setelah semua peserta tes selesai mengikuti tes.

Ini merupakan tahap yang lumayan sulit karena dibutuhkan sikap dan kemampuan yang baik. Setelah diumumkan peserta yang lolos, akan masuk ke tahap tes berikutnya, yaitu tahap interview, dimana semua peserta yang lolos akan di interview oleh 4 orang, yaitu Kapten pilot penerbang Lion Air, HRD, dan panitia rekrutmen lainnya. Tetapi pada tahap interview saya tidak lolos dan saya bingung apa yang harus dikoreksi. Oleh karena itu saya mencoba kembali di hari berikutnya.

Pada tanggal 23 November, saya mencoba kembali dan ternyata hasilnya pun sama, saya hanya mentok di tes performance saja. Mungkin belum rejekinya saya untuk menjadi seorang pramugara. Semoga di lain waktu bisa mendapatkan sesuai keinginan saya dan terus berusaha, mencoba terus bila diberikan kesempatan. Karena semakin banyak mencoba, pasti selalu ada peluang untuk berhasil.

16 komentar:

  1. waduh,, saya pgn bngt jd pramugara tp sesulit itukagj mnjadi seorang pramugara? hmmmz entahlah..

    BalasHapus
  2. waduh,, saya pgn bngt jd pramugara tp sesulit itukagj mnjadi seorang pramugara? hmmmz entahlah..

    BalasHapus
  3. Pgen bngd jd pramugara tp sesulit itukah menjadi seorang pramugara... hmmz

    BalasHapus
  4. mas,,infoin aku dong kalo tau jadwal seleksi lion air berikutnya..
    email : endrolesmana@gmail.com
    mksh..pengalamannya berguna bgt.. :)

    BalasHapus
  5. ternyata rumit juga ya untuk menjadi pramugara..

    BalasHapus
  6. kalau ada info soal jadwal lowongan buat jadi pramugara ,,hubungin q ya...
    ini email saya ..yosiaku@ymail.com

    BalasHapus
  7. Wahh,ini mas Ridwan yg staff ticketing di kantor perwakilan GA Bogor yaa ?
    Masih inget saya yg wktu itu cek harga tiket CGK-BDJ ?
    saya dari Central Ticket Bogor :D
    mas,wktu itu diinterview apa aja di kantor lion air ?
    saya pgn jadi pramugara lion air nihh mas ..
    hehehehe #Marvel

    BalasHapus
  8. gig pramugara harus rata atau tidak?

    BalasHapus
  9. semangat terus ya kak,, pasti suatu saat kakak akan berjaya

    BalasHapus
  10. untuk medical exem apa saja tes nya ?

    BalasHapus
  11. bagus juga ada lamaran untuk pramygara..

    BalasHapus
  12. Boleh tau gak alamatnya kantor tempat lamar kerja pramugara lion

    BalasHapus
  13. Boleh tau gak alamatnya kantor tempat lamar kerja pramugara lion

    BalasHapus
  14. Di interviewnya pake bahasa apa ya?

    BalasHapus
  15. untuk saat ini apakah ada pembukaan perekrutan pramugara lion air pak ?

    BalasHapus