Menu Bar

Jumat, 25 Januari 2013

Pengalaman pertama Tour Leader

Akhirnya saya bisa mengisi kembali blog ini setelah sekian waktu yang lama tidak pernah di update. Isi blog kali ini akan saya isi dengan pengalaman saya sebagai Tour Leader sambil mengisi waktu luang untuk menunggu panggilan pendidikan beasiswa. Cerita ini berawal pada tanggal 19 November 2012 yang baru sempat saya tulis di sini.

Pertama kali saya diajak oleh instruktur saya yang bernama pak Tommy. Dia adalah  instruktur sewaktu saya Pendidikan Pelatihan Staf Jasa Penerbangan. Saya diajak untuk ikut dalam pekerjaan sebagai Tour Leader karena masih kekurangan anggota. Maka dari itu, saya terima tawarannya dan mencoba pengalaman baru.

Selama saya menjadi Tour Leader, saya bertempat tinggal sementara di Cisaat, Sukabumi. Jadwal pertama saya tour, yaitu membawa rombongan SMA Negeri 1 Sukabumi kelas XI ke Yogyakarta dan Solo selama 4 hari. Disitulah pengalaman pertama tour saya dimulai dengan menggunakan bis pariwisata. Saya didampingi oleh salah satu senior, yaitu ibu Nevi. Karena pada saat itu saya dalam masa training untuk menjadi seorang Tour Leader.

Di dalam bis, saya melihat aktivitas yang dilakukan oleh ibu Nevi seperti salam pembuka, perkenalan, dan memberikan informasi tujuan wisata yang akan dikunjungi. Sambil memperhatikan, saya juga berbincang-bincang bersama anak-anak di dalam bis. Ternyata asyik juga kita bisa mendapatkan teman baru dan juga suasana baru seperti tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi.

Di tengah perjalanan tepatnya daerah Bandung, ternyata ibu Nevi sedang berhalangan untuk memimpin perjalanan di dalam bis. Saya diberi amanat untuk menggantikan tugasnya sementara. Saya terima dan saya coba untuk terjun langsung. Sedikit gugup dan demam panggung juga, karena jarang-jarang saya menghadapi tugas seperti ini. Saya mencoba untuk menghapal semua anak-anak di dalam bis dalam waktu yang singkat ternyata susah juga, tetapi saya berusaha untuk mengingat wajah-wajah mereka.

Tak disangka ternyata bukan tugas sementara yang saya dapat melainkan tugas penuh yang saya terima dan tidak sesuai dengan perbincangan sebelumnya. Perbincangan sebelumnya saya akan dilihat dan dinilai sampai akhir tour. Akhirnya saya coba dan tetapi setelah terbiasa, ternyata memang asyik, kita bisa berinteraksi dengan semua orang yang ada di dalam bis termasuk crew bis dan guru-guru pembimbingnya. Dan beruntungnya, saya mendapatkan orang-orang yang baik, seru dan tidak ada masalah. Walaupun ada sedikit masalah, masih bisa di atasi dengan baik.

Selama dalam perjalanan wisata, banyak kesan-kesan yang tidak bisa dilupakan, karena setiap kunjungan  dan perjalanan pasti selalu ada kesan-kesan yang baik. Selama 4 hari berjalan saya terus bersama-sama dengan orang-orang yang sama pula di dalam bis, sehingga kami pun bisa berteman dengan baik selama dalam perjalanan.

Hingga akhirnya perjalanan tour ini tak terasa berakhir. Dan selama perjalanan menuju pulang ke Sukabumi saya berbincang-bincang mengenai kesan-kesan tour kali ini. Dan tak disangka, anak-anak di dalam bis sangat senang dan saya pun juga sangat senang bisa tour bersama anak-anak SMA 1 Sukabumi, karena ini adalah pegalaman pertama saya tour bersama kalian dan semuanya bisa senang dan berkesan. Di akhir perjalanan, saya mendapatkan bingkisan yang merupakan ucapan terima kasih dari perwakilan anak-anak. Saya sangat senang sekali, karena baru pertama kali bertugas sudah mendapatkan bingkisan. 

Mungkin ini adalah cerita singkat mengenai pengalaman pertama kali saya menjadi Tour Leader. Pengalaman pertama yang tidak bisa saya lupakan, tetapi pengalaman-pengalaman selanjutnya pun tak kalah bisa saya lupakan. Semoga suatu saat kita bisa tour bersama di lain waktu.



7 komentar:

  1. cie mengingat wajah-wajah anak ips 1 :D makasih ya a udah jadi TL anak @epson11ips1 hehe

    BalasHapus
  2. iya dina,,sama"..semoga kita bisa ketemu lagi di lain waktu.. :)

    BalasHapus
  3. muhun sami-sami a :) amiin..
    sekarang ka ridwan dimana ? masih jadi TL ga ?

    BalasHapus
  4. lagi di rumah aja kok sambil bantu" dari jauh ini juga..skrg lg off dulu jadi TL'y.. :)

    BalasHapus
  5. wah,,makasih desy udah mampir..aduh,,jadi pengen ketemu lagi sama anak" epson udah kyk gimana y?? :D

    BalasHapus
  6. ayo ketemu lagi kaaaaaaa :D kita bercerita hehe

    BalasHapus