Menu Bar

Rabu, 04 April 2012

Tahap 5 : Beasiswa Penerbang Merpati Nusantara Airlines

Pada test tahap ke 5, yaitu test Fisik 2 atau Medical Examination (Medex) yang di bagi 2 hari. Hari pertama test dilakukan di Balai Kesehatan Penerbangan (BKP) di Kemayoran yang meliputi :
  1. Cek darah dan Urine
    Cek darah dan urine di sini darah kita di ambil untuk dijadikan sampel dan diperiksa di laboratorium.
  2. Cek Fisik
    Cek Fisik di sini tidak jauh berbeda dengan cek fisik sebelumnya pada tahap 2. Tetapi lebih detail lagi dalam pemeriksaannya seperti ditanya mengenai penyakit yang diderita atau mempunyai penyakit keturunan atau tidak, lalu test berjalan lurus ke depan dengan mata tertutup, kemudian angkat kaki sebagian untuk keseimbangan, lalu naik turun tangga selama beberapa menit untuk di ukur denyut nadi, dan selebihnya hampir sama seperti sebelumnya.
  3. Cek Mata
    Cek mata di sini sama seperti test mata lainnya melihat dari jarak tertentu dan test buta warna. Kemudian  di sini kita menggunakan alat untuk melakukan test tersebut. Kita menggunakan alat seperti teropong dengan ruangan yang gelap dan melihat ada titik cahaya atau tidak di depan, garis merah horizontal dan vertikal ada di posisi mana. Tinggal mengikuti instruksi dari dokter. Setelah itu kita masuk ke ruangan lain untuk test mata selanjutnya. Di sini di ukur sampai tulisan terlihat buram dengan cara di dekatkan ke wajah kita menggunakan alat yang diletakkan di dagu seperti penggaris. Kemudian test selanjutnya kita di suruh duduk untuk membuat sejajar kedua tongkat kecil di depan yang kita tarik dari jauh dengan menggunakan tali. Apabila tongkat tersebut bisa sejajar dan pas, maka sangat bagus sekali. Pada test ini hanya 2x saya bisa mendapatkan posisi yang pas dari 5x test, selebihnya hanya meleset tipis. Ini digunakan untuk mengukur tingkat keakuratan feeling kita.
  4. Cek Gigi
    Cek gigi di sini seperti biasanya di cek kondisi gigi kita apakah ada yang berlubang atau tidak.
  5. Cek Rontgen (Radiologi)
    Cek rontgen di sini kita masuk ke ruang Radiologi untuk diperiksa paru-paru kita yang ditembak dengan sinar X-Ray.
  6. Cek EKG (Elektrokardiograf)
    Cek EKG di sini kita di cek jantung kita yang ditempel di dada dengan beberapa kabel. Di sini di cek untuk mengetahui aktivitas elektrik jantung melalui gelombang irama jantung.
  7. Cek Telinga (Audiometri)
    Cek telinga di sini kita masuk ke suatu ruang kecil yang kedap suara hanya bermodal earphone dan tombol saja. Apabila terdengar suara, maka kita tekan tombol hingga suara itu menghilang kemudian kita lepas. Suaranya kecil hanya suara biipp yang panjang.
Pada hari kedua, dilakukan test di Lembaga Kesehatan Penerbangan dan Ruang Angkasa TNI-AU (Lakespra TNI-AU) Cawang. Pada test ini hanya dilakukan cek EEG (Elektroensefalograf) saja, karena alat yang ada di Balai Kesehatan Penerbangan (BKP) mengalami kerusakan sehingga, kami semua dialihkan untuk diperiksa di sini.
  • Cek EEG (Elektroensefalograf)
    Cek EEG di sini kita akan di cek gelombang  otak beta, alpha, theta, dan delta kita dengan cara di tempel di kepala sebanyak 30 titik. Pada test ini kita duduk tenang dan mengikuti instruksi dari dokter. Pertama kita di suruh untuk memejamkan mata, lalu membuka mata dan fokus tanpa berkedip, kemudian menghirup dari hidung dan mengeluarkan dari mulut selama 2 menit seperti orang selesai berolahraga, lalu melihat ke cahaya lampu yang berkedip-kedip dan fokus kembali tanpa berkedip.
Setelah semua test Medex selesai, maka tinggal menunggu hasil untuk mengikuti test selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar