Menu Bar

Kamis, 19 April 2012

Tahap 6 : Beasiswa Penerbang Merpati Nusantara Airlines

Pada test tahap ke-6, yaitu test psikologi yang diadakan di Laboratorium Psikologi (Labsi) TNI-AU Halim Perdanakusuma, Jakarta. Test ini meliputi 2 cara, yaitu dengan test manual yang di isi menggunakan tangan dan test menggunakan komputer yang di isi menggunakan komputer dengan layar sentuh. Dengan test manual meliputi :
  1. Isi Biodata
    Mengisi biodata kita secara lengkap.
  2. Test Logika Penalaran
    Test di sini terdiri dari gambar 2 dimensi. Kita harus memahami pola-pola dan bentuk gambar. Kemudian melakukan prediksi berdasarkan pola yang ada.
  3. Gambar Orang
    Di sini kita menggambar orang di kertas yang telah disediakan oleh panitia.
Kemudian dengan test menggunakan komputer meliputi :
  1. Test Bahasa Inggris
    Test di sini terdapat soal-soal grammar (tata bahasa), sinonim (persamaan) dan antonim (lawan kata ) seperti test bahasa Inggris lainnya. Seluruh soal pilihan ganda. 
  2. Test Matematika (dengan suara dan text)
    Maksudnya, dalam soal ini terdapat 2 jenis soal, yaitu soal yang diberikan dengan menggunakan suara dan diberikan melalui teks yang muncul di layar monitor. Tiap-tiap soal yang diberikan sangat cepat, oleh karena itu kita juga harus menjawab secara cepat juga. Bila waktu habis akan secara otomatis ke soal berikutnya. Perkiraan waktu yang diberikan untuk tiap soalnya sekitar 5 detik tergantung kesulitan soal yang ada. Jika sulit, maka akan sedikit lebih lama waktu yang diberikan. Materi soal di sini pernah kita pelajari waktu SMA. Jadi banyak berlatih soal-soal waktu SMA.  Soal di sini dengan menggunakan pilihan ganda dan menjawab secara langsung (essay).
  3. Test Fisika
    Test di sini sama seperti soal Fisika yang biasa dipelajari waktu SMA. Terdapat tentang rangkaian listrik, massa jenis benda, katrol, gaya, bernouli, kecepatan. Soal di sini menggunakan pilihan ganda.
  4. Test Simbol (kotak (bersudut), lingkaran, hitam, putih)
    Pada test ini kita harus mengingat simbol-simbol seperti intstrument-intrument di pesawat yang berbentuk kotak (bersudut) dan lingkaran serta berwarana hitam dan putih yang tiap-tiap gambar memiliki angka dan jarum penujuk dari angka 1-8. Soal akan muncul dan ikuti sesuai instruksi yang diberikan pada tiap-tiap soal, misalnya perhatikan gambar bersudut dan berwarna hitam, maka kita harus fokus terhadap gambar bersudut dan berwarna hitam. Kita harus melihat jarum tersebut menunjukkan angka berapa. Tiap-tiap soal akan muncul sekitar 5 detik, jadi dibutuhkan konsentrasi untuk melihatnya.
  5. Test Simbol (warna, arah, titik)
    Test di sini kita akan melihat gambar segitiga yang berwarna, kemudian menunjukan ke arah mana, dan apakah terdapat titik atau tidak. Kita di sini menjawab perbandingan antara segitiga sebelumnya dengan segitiga yang muncul pada soal, apakah segitiga tersebut mempunyai arah sama, atau tidak dan begitu seterusnya. Ikuti instruksi yang diberikan pada soal.
  6. Test Mengingat Kata
    Test di sini kita mengingat beberapa huruf yang ditampilkan pada soal. Ada beberapa huruf yang tampil kemudian kita harus mengingat apakah huruf yang kita ingat ada pada soal atau tidak.
  7. Test Bangun Ruang (dengan suara)
    Pada test ini sama seperti biasanya kita membayangkan bangun ruang kubus yang terdapat gambar silang di salah satu sisinya. Soal yang diberikan di sini menggunakan suara. Jadi kita harus konsentrasi posisi awal gambar silang tersebut. Ikuti perintah soalnya, misalnya guling ke depan, ke belakang, ke kiri, ke kanan. Maka kita harus menjawab posisi gambar silang ada di mana.
  8. Test Edwards Personal Preference Schedule (EPPS)
    Test ini terdiri dari atas pilihan-pilihan jawaban yang paling mencerminkan diri kita. Test ini dipergunakan untuk mengetahui seberapa besar motivasi, kebutuhan, dan motif seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar