Menu Bar

Kamis, 07 April 2011

Hari ke-19 PKL

Hari ini sangat menyenangkan. Karena kami diizinkan kembali untuk ikut membantu dalam proses pemindahan jalur fiber optik yang ada di Telkom Cibinong. Pemindahan jalur yang akan kami lakukan karena slot switch yang digunakan sudah kurang baik untuk digunakan. Karena pada modul SFP (Small Form-Factor Pluggable) sudah kurang baik atau sedang bermasalah. Jadi kami harus memindahkan jalur lama ke jalur yang baru.

Sebelum memindahkan kabel fiber optik ke port yang baru, dilakukan monitoring terlebih dahulu untuk mengetahui keadaan pada port tersebut. Lalu diinstal modul SFP ke port switch metro ethernet. Kemudian dilihat kembali apakah modul yang telah diinstal telah terpasang dengan baik atau tidak. Jika sudah baik, maka siap untuk memindahkan kabel fiber optik ke port yang baru.

Dalam proses pemindahan jalur, kami diizinkan juga untuk mencoba memonitoring pada saat intalasi kabel fiber optik. Kami melakukan dasar-dasar dari monitoring. Setelah selesai proses pemindahan jalur, kami merapihkan kabel fiber optik yang benar-benar berantakan. Kami diberikan tanggungjawab untuk melakukan itu. Karena untuk melakukan perawatan di dalam ruang transmisi, dibutuhkan keahlian yang khusus dan bukan sembarang orang yang akan melakukannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar