Menu Bar

Selasa, 12 April 2011

Hari ke-22 PKL

PKL hari ini saya mendapatkan pelajaran yang baru karena saya ditawari untuk membantu pekerjaan dari bagian Transmisi. Kemudian bagian Multimedia hanya mengawasi perangkat-perangkat multimedia yang sedang operasional. Dari pekerjaan yang saya dapatkan, ternyata akan dibuat jalur baru untuk pelanggan, yaitu pembuatan jalur multiplex dari STO Ciawi ke Semanggi. Pembuatan jalur ini digunakan agar pelanggan bisa mengakses data dan aliran datanya juga menggunakan konsep Time Division Multiplexing (TDM). TDM merupakan (bisa dibaca di sini http://id.wikipedia.org/wiki/TDM).

Setelah selesai membuat jalur di Ciawi, saya kembali lagi ke Bogor, dan ternyata saya melihat teman saya sedang diberikan materi untuk kajian tugas akhirnya. Saya mencoba untuk ikut bergabung walaupun sudah tertinggal jauh.

Kemudian di hari yang sama dan jam yang berbeda, kami diajak kembali untuk melakukan pekerjaan yang sama untuk membuatkan jalur. Jalur yang dituju pun juga sama menuju Semanggi, tetapi tempat yang akan dikerjakan berbeda, karena pembuatan jalur ini dibuat di STO Cibinong. Sambil kami mengerjakan, kami juga sedikit mendapatkan penjelasan dari pekerjaan yang kami lakukan ini. Ternyata semakin banyak ilmu dan pengalaman yang kami dapatkan untuk PKL di Arnet Bogor PT. Telkom.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar