Menu Bar

Kamis, 21 April 2011

Hari ke-28 PKL

Hari ke-28 PKL, kami mendapatkan sedikit materi untuk pembuatan laporan tugas akhir dari pak Agus Susila. Kami ditanya hasil pembuatan laporan kami sudah sejauh mana. Kemudian sedikit dijelaskan dari pembuatan jalur jaringan. Karena pak Agus sendiri sedang melakukan pembuatan jalur jaringan dari Jasinga ke Rangkasbitung. Kami pun ingin sekali mendapatkan data dari tahapan proses pembuatan jalur jaringan.

Tak lama kemudian, saya bertanya kepada pak Nian untuk diajarkan cara membuat jalur jaringan Speedy. Akhirnya saya diizinkan untuk mengakses jaringan metro ethernet untuk membuat jalur jaringan speedy. Saya belajar membuat jalur jaringan Speedy dari Cariu ke Jonggol. Tetapi banyak kendala yang saya dapat, listrik selalu mati sehingga menghambat dalam pengambilan data. Tetapi sedikit yang bisa saya dapatkan dari proses pembuatan jalur. Untuk membuat jalur jaringan Speedy ada beberapa tahap yang harus dilakukan, yaitu:
1. Login ke dalam jaringan metro yang ingin dituju. Misal saya ingin mengakses metro Cariu.
2. Lihat port di metro Cariu.
3. Buat jumlah customer yang akan dibuat di dalam metro Cariu.
4. Buat tunneling atau SDP di dalam metro Cariu untuk mengoneksikan metro Cariu dengan metro Jonggol dengan cara memasukan IP terakhir yang sudah disediakan.
5. Buat service pada port yang akan digunakan. Misalnya layanan jaringan Speedy.
6. Buat service layanan

Hanya sedikit yang bisa saya dapatkan dari tahapan pembuatan jalur jaringan Speedy. Mungkin di hari berikutnya saya akan coba memahami kembali tentang pembuatan jalur Speedy ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar