Menu Bar

Rabu, 30 Maret 2011

Hari ke-12 PKL

Hari ini kami diajak kembali ke tempat yang sama, yaitu ke Stasiun Pengendali Utama Satelit di Cibinong. Kami bertemu dengan tim Network Engineering on Site (NEOS) dari Telkom Gatot Subroto. Mereka merupakan salah satu tim yang bertugas untuk memantau dan mengambil data dari perangkat-perangkat yang aktif. Karena bisanya mereka hanya monitoring dari jauh tetapi belum pernah datang langsung untuk terjun ke lapangan.

Sambil tim NEOS bekerja dengan tugasnya masing-masing, kami melakukan instalasi kabel fiber optik kembali. Instalasi yang kami lakukan yaitu membuat jalur dari router ke switch metro. Saya pun bertanya, kenapa banyak sekali jalur fiber optik dari switch metro ke router? Jawaban dari salah satu karyawan Telkom (Pak Nian) yaitu, karena digunakan sebagai backup, apabila jalur yang satu mengalami gangguan, maka masih ada jalur yang lain yang dapat digunakan. Akibatnya bila kita hanya membuat satu jalur saja, maka jika terjadi gangguan akan sangat sulit untuk mengatasinya, dan pelanggan pun akan banyak yang komplain. Kemudian Pak Agus Susila yang melakukan monitoring dengan menggunakan putty. Dan kami (Pak Nian, Pak Farif, Laksmi, Noordama, Ridwan) melakukan tugas instalasi fiber optik dengan cara menarik dan menghubungkannyake perangkat.

Setelah selesai tugas kami di SPU, kami akan pergi ke STO Citeureup. Karena disana mengalami gangguan. Setelah diteliti lagi, memang benar terdapat gangguan akibat'y koneksi dari Citeureup ke Jakarta sedikit ada masalah. Pak Agus menghubungi orang yang akan memonitoring STO Citeureup, karena akan dilakukan maintenance pada switch metro ethernet. Setelah selesai maintenance pada switch, kami langsung kembali pulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar