Menu Bar

Selasa, 15 Maret 2011

Hari ke-2 PKL

Pada hari kedua ini tidak terlalu banyak perkerjaan seperti hari kemarin. Kami bertiga hanya menunggu dan monitoring saja. Kemudian Pak Agus dan Pak Nian sedang melakukan monitoring dan pembuatan jalur metro ethernet untuk pelanggan-pelanggannya dengan cara konfigurasi melalui komputer.

Tak lama kemudian kami disuruh untuk ikut ke ruang transmisi untuk mengecek router dan sekalian membuat saringan udara untuk router karena sudah kotor sekaligus kami sedikit bertanya tentang pekerjaan yang dilakukan oleh pak Nian tadi tentang pembuatan jalur metro ethernet. Karena saya tertarik melihatnya dan merupakan hal yang baru untuk saya, mungkin teman-teman saya juga. Setelah itu, kami kembali ke ruangan dan kembali seperti biasa, menunggu dan monitoring.

Beberapa lama kemudian kami diberikan tugas lagi untuk mengambil kabel fiber optik dan merapihkannya. Setelah merapihkan semua kabel, kami diajak untuk mengukur redaman pada kabel fiber optik oleh pak Agus dan Pak Nian. Peralatan yang kami gunakan hanya menggunakan laser source dan power source level tipe RX sebagai penerima saja.

Laser source yang digunakan berfungsi untuk mengetahui keadaan serat fiber optik apakah terdapat gangguan atau tidak. Misalnya apakah serat optik yang terdapat di dalam kabel putus atau tidak. Jika terdapat serat yang putus, maka cahaya laser yang ditembakan tidak akan sampai atau sedikit redup, sebaliknya jika serat fiber baik dan tidak putus maka cahaya laser yang ditembakan akan sampai dengan baik dengan cahaya yang terang.

Kemudian setelah di tes dengan laser source, kami diajak ke ruangan transmisi untuk mengukur redaman pada kabel fiber optik. Cara mengukurnya yaitu dengan memasukan ujung kabel yang satu ke dalam router yang telah di masukan modul SFP (konverter dari fiber optik ke elektrik) dan ujung yang satunya dimasukan ke alat ukur (power source level). Kemudian kita akan membaca redaman yang diperoleh. Redaman yang diijinkan yaitu jika λ = 1310 maka redaman yang diijinkan yaitu antara -05,00 s/d -10,00 dan jika λ = 1510 maka redaman yang diijinkan yaitu antara -05,00 s/d -15,00. Selain dari angka tersebut, tidak diijinkan digunakan untuk menggunakan kabel tersebut dalam pengoperasian. Sinyal yang diberikan dari router yaitu sekitar -05,00. Semakin kecil nilai redamannya, maka semakin baik juga untuk jalur lewat datanya. Pada pengukuran kabel yang kami lakukan yaitu kami mendapatkan hasil ukuran kurang lebih -06,20an (saya kurang hapal angka detailnya berapa) dengan λ = 1310. Maka kabel tersebut masih baik untuk digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar