Menu Bar

Jumat, 18 Maret 2011

Hari ke-5 PKL

Pada hari kelima ini saya dan teman-teman seperjuangan mendapatkan pengalaman baru. Saya diajak kembali oleh Asisten Manajer (Pak Agus Susila) untuk masuk ke ruangan transmisi. Ternyata kegiatan yang kami lakukan adalah instalasi modul SFP (konverter dari fiber optik ke elektrik) ke dalam router. Kami berada di dalam ruang transmisi dengan suhu di bawah 18 derajat sekitar 1 jam setengah. Begitu panjang proses instalasi modul ini ke dalam router. Padahal hanya memasukan slot modul ke dalam router saja. Tetapi tidak asal memasukan modul saja, ada tahapan-tahapannya untuk instalasi seperti itu.

Tahapan yang pertama kita memonitoring jaringan metro ethernet dengan menggunakan aplikasi secureCRT, yaitu dengan menghubungkan komputer ke router melalui kabel serial COM. Kemudian sebelum memasukan modul ke router kita akan mengecek port satu persatu untuk memastikan kalau portnya baik. Nah, ini dia yang buat lama proses instalasi modul, cek port satu per satu. Karena sebelumnya pernah terjadi kasus, modul telah dimasukan dan bekerja dengan baik, tetapi traffic datanya tidak berjalan. Router yang digunakan yaitu Router Alcatel 7750 SR-7. Maksud dari nama tersebut yaitu menggunakan merk Router Alcatel seri 7750 dengan Security Router (SR) 7, maksudnya terdapat 7 baris di satu router metro ethernet. Tiap baris terdapat 2 kolom, tergantung pemakaiannya. Maksimal tiap satu baris mampu memberikan aliran data sebesar 20 Gigabit. Jika 1 baris melebihi dari itu maka akan terjadi collapse. Oleh karena itu, tiap baris terdapat 2 kolom, sehingga tiap 1 kolomnya terdapat 20 port. Atau bisa juga tiap 1 kolomnya terdapat 2 port yang masing-masing 10 Gigabit.

Setelah proses pengecekan port selesai, barulah alat untuk pemasangan modul dimasukan ke dalam router. Kemudian kita tinggal menunggu konvergen dari alat tersebut agar siap dimasukan modul SFP sambil memonitoring. Modul SFP dimasukan ke dalam router lalu dilakukan lagi pengecekan tiap-tiap port yang telah dimasukan modul SFP. Begitu panjang proses instalasi modul SFP ini. Setelah semuanya selesai, barulah beres dan siap digunakan untuk pelanggan.

Sorenya, kami mendapatkan bimbingan materi untuk kajian tugas akhir dari pak Agus Susila. Kami dijelaskan mengenai kajian judul yang diberikan oleh beliau. Kajian yang direkomendasikan yaitu, :
1. Aplikasi 3G Telkomsel via Metro Ethernet
2. Aplikasi VPN via Metro Ethernet
3. Aplikasi speedy via Metro Ethernet

Dari ketiga judul tersebut, kami mengambil salah satunya untuk dijadikan judul tugas akhir. Semoga dengan judul yang direkomendasikan bisa menjadi judul tugas akhir yang disetujui oleh dosen Diploma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar