Menu Bar

Jumat, 25 Maret 2011

Hari ke-9 PKL

Hari ini benar-benar menyenangkan karena PKL hari ini kami mendapatkan pengalaman yang jarang kami temui. Kami diajak untuk menyelesaikan pekerjaan seperti biasanya, yaitu instalasi kabel fiber optik dan kabel UTP di Stasiun Pengendali Utama Satelit Telkom Cibinong.

Tugas kami yaitu memindahkan jalur fiber optik dari switch metro ethernet ke router. Jalur ini merupakan jalur yang mengirimkan paket data Trans 7 dan Trans TV ke jaringan VSAT yang akan disebarluaskan ke seluruh Indonesia. Oleh karena itu, kami harus melakukannya dengan sangat hati-hati. Kemudian dalam tahap pemindahan jalur ini, Pak Agus Susila akan memonitoring dari laptop untuk mengetahui keadaan dari masing-masing alat dan memberitahukan kepada kami untuk melakukan pemindahan jalur tersebut. Tidak sembarang mencabut kabel dan memasang kabel, karena kalau kita salah memasang berakibat fatal.

Kemudian setelah pemindahan kabel, kami mendapatkan tugas lagi untuk membuat kabel UTP. Kami semua saling membantu untuk membuat kabel UTP. Kabel yang akan kami buat yaitu kabel dengan jenis Straight (568A dan 568B) dan Cross. Setelah pembuatan kabel UTP selesai, kami akan instalasi kabel kembali dan menghubungkan dari switch ke router. Kemudian akan di cek kembali oleh Pak Agus Susila dengan melakukan monitoring. Monitoring yang digunakan dengan menggunakan aplikasi Putty dan secureCRT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar