Menu Bar

Senin, 21 Maret 2011

Hari ke-6 PKL

Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada hari keenam ini, saya dan teman-teman diajak ke ruang transmisi kembali untuk pengecekan fisik router cisco 7606. Kami melihat keadaan router sedang bekerja dengan baik. Kemudian dari karyawan telkom, mencatat nomor serial router tersebut untuk di cek apakah sesuai dengan yang digunakan atau tidak.

Lalu tidak lama kemudian kami diberikan semacam e-book singkat tentang konfigurasi pada switch metro ethernet oleh pak Taufik. Kami disuruh untuk membaca dan memahami isinya. Kemudian kami diperlihatkan kembali konfigurasi metro ethernet dengan menggunakan software secureCRT. Pak Taufik menjelaskan dasar-dasar bagaimana cara konfigurasi dari awal hingga selesai. Maka diberikanlah contoh kecil, misalkan konfigurasi BTS Telkomsel di Gunung Putri.

Kami diperlihatkan port-port apa saja yang terlibat sebelum memulai konfigurasi. Kami melihat dan mengecek port dari BTS Telkomsel. Kemudian kami melihat port mana yang terhubung langsung oleh BTS Telkomsel. Lalu dicek port-port yang berhubungan langsung dengan BTS Telkomsel. Ternyata BTS Telkomsel terhubung langsung oleh switch metro ethernet yang berada di Cileungsi. Nah, dari Cileungsi akan ditujukan langsung ke kantor Telkomsel yang ada di daerah Jakarta (tempat spesifik kurang tahu).

Setelah mengetahui jalurnya, kemudian diberikan layanan apa saja yang akan diberikan pada jalur tersebut. Misalnya besar pengiriman paket data yang diizinkan untuk dilewati. Kemudian diberikan sistem keamanan IP pada jalur tersebut, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar