Menu Bar

Selasa, 15 Maret 2011

PKL Pertama Kali dan Hari Pertama PKL

Akhirnya saya bisa mengisi kembali blog ini. Sudah lama saya tidak posting-posting di sini. Saya akan menulis pengalaman saya mengenai PKL (Praktek Kerja Lapangan) yang ada di Arnet Bogor Divisi Infratel PT. Telekomunikasi Indonesia sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar A.Md di Diploma IPB. Waktu pertama kali saya dan kedua teman saya (Laksmi dan Noordama) datang ke kantor Telkom, saya bertemu dengan orang yang akan membimbing saya pada saat di lapangan nanti, namanya Pak Agus Susila (Asisten Manager divisi Multimedia) dan ditemani dengan 2 orang lagi, yaitu bernama Pak Agus Trisna dan Pak Nian .

Saya sedikit diberikan penjelasan mulai dari struktur organisasi yang ada di Telkom sampai pekerjaan yang biasa dikerjakan oleh karyawan Telkom. Lalu saya diajak untuk berkeliling ke ruangan transmisi yang ada di Arnet Bogor. Ternyata di dalamnya terdapat berbagai jenis router metro ethernet, dan switch seperti merk dari Cisco, Juniper, Alcatec-Lucent, dll yang biasa dikenal banyak orang. Kabel yang biasa digunakan untuk pengoperasiannya yaitu dengan menggunakan kabel Fiber Optik. Kami diberikan sedikit penjelasan tentang perangkat yang dipakai tersebut yang ada di dalam ruang transmisi.

Pada hari pertama saya dan kedua teman saya mendapatkan pengalaman baru, yaitu diajak untuk pergi ke suatu tempat ke daerah Gunung Putri tempat dimana salah satu kantor cabang Telkom Gunung Putri berada untuk mengerjakan suatu pekerjaan yang jarang ditangani dan bisa jadi belum pernah, yaitu merapihkan kabel fiber optik pada ruangan transmisi Telkom Gunung Putri.

Di sana saya di bantu oleh kedua teman saya dan pembimbing lapangan serta karyawan Telkom yang lainnya. Kami pun mengerjakan tugas sesuai instruksi dari bapak-bapak yang sedang sibuk membongkar lemari router dan switch. Kemudian setelah itu kami merapihkan kabel-kabel fiber optik yang penataannya kurang rapih. Kami mengerjakan semuanya itu dari pagi hingga sore.

Setelah semuanya beres, kami diajak kembali ke daerah Cileungsi, kantor cabang Telkom Cileungsi. Di sana hanya mengecek dan memasukan modul SFP ke dalam router lalu kami pulang kembali ke Bogor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar